Setelah   selesai   mencoba   aktivitas    Tanjung    Benoa   Bali   water sport   murah    melaui    website    tanjungbenoa.org, kebanyakan para kelanggan kami berkunjung ke Uluwatu untuk    melihat        pertunjukan     Tari kecak     Uluwatu     yang sangat terkenal di semua kalangan wisatawan.

Bali

Bali adalah daerah wisata paling populer di Indonesia. Selain memiliki tempat-tempat wisata yang mengagumkan, Bali juga mempunyai kekayaan seni dan budaya yang luar biasa. Salah satunya adalah Tari Kecak. Tarian ini ada di semua tempat di Pulau Dewata ini, dan salah satu yang istimewa adalah Tari Kecak Bali.

Tari Kecak Uluwatu atau tarian kecak memiliki musik atau nada yang unik. Tariannya diiringi suara manusia dan suara kerincing yang berpadu dengan suara yang keluar dari suara 50 orang bahkan lebih secara konstan. Tari Kecak yang juga disebut dengan tari cak atau tari api ini berasal dari ritual sanghyang. Ritual hyang yaitu tarian yang bercampurdengan tradisi; penarinya dalam kondisi tidak sadar.

Bagi masyarakat Bali, Tari Kecak merupakan tarian yang sakral. Kesakralan tersebut ditunjukkan dengan hal kerauhan atau trans-possession, yakni upaya untuk berkomunikasi dengan sang hyang atau sang esa melalui roh para leluhur. Tari Kecak ini mengambil kisah Ramayana yang diramu dalam budaya Bali. Untuk dapat menikmati suguhan Tari Kecak Uluwatu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal ini.

Tari Kecak Uluwatu

Baca Juga : “Tiket Bali Bird Park Hanya Rp 40.000”>>>

  1. Persiapkan diri sebelum nonton

Tari Kecak Uluwatu Bali merupakan pertunjukan yang memesona. Banyak wisatawan ingin menontonnya jika berwisata ke daerah ini. Jika Anda juga ingin menonton Tari Kecak Uluwatu, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

  1. Datang lebih awal

Kendala utama untuk menikmati indahnya tarian ini adalah kehabisan tiket. Nah, jika Anda tidak ingin kehabisan tiket, datanglah lebih awal sebelum loket tiket dibuka. Loket biasanya dibuka pukul 17.00 WITA dan antreannya pun tidak teratur, bahkan cukup kacau. Datanglah pukul 16.00 atau satu jam lebih awal agar Anda tidak kecewa karena kehabisan tiket pertunjukan.

  1. Jangan lupa gunakan kain yang disediakan

Pada saat mengunjungi Pura Uluwatu yang menjadi tempat pertunjukan Tari Kecak, ada sebuah kotak besar berisi dua jenis kain, berwarna ungu dan kuning (atau jingga). Anda diwajibkan menggunakan kain tersebut untuk masuk ke lokasi. Warna ungu digunakan untuk yang bercelana pendek atau rok pendek. Kain warna kuning atau jingga untuk yang menggunakan celana atau rok panjang. Jangan lupa gunakan kain tersebut sebelum menikmati pertunjukan Tari Kecak.

  1. Simpanlah barang-barang berharga

Jangan abaikan pengumuman untuk menyimpan barang-barang berharga Anda. Bukan karena khawatir dicuri orang, tapi amankan barang-barang berharga Anda dari gangguan monyet-monyet yang ada di sekitar kawasan Pura Uluwatu. Monyet-monyet di lokasi ini sangat suka dengan barang-barang berharga, apalagi yang berkilau dan terlihat mahal, seperti perhiasan, gadget, bahkan kacamata Anda.

  1. Perhatikan pintu masuknya

Jika Anda baru pertama kali hendak menonton pertunjukan Tari Kecak Uluwatu, perhatikan pintu masuknya. Kebanyakan wisatawan diarahkan ke pintu sebelah utara Pura yang berada di sisi kanan parkir. Tapi, jika tujuan Anda memang untuk menonton Tari Kecak, Anda bisa langsung masuk ke pintu sebelah selatan. Jalur ke pintu ini lebih dekat dengan lokasi pertunjukan dan loket tiketnya. Selain itu, jalur ini juga lebih aman dari gangguan monyet-monyet yang mungkin bisa merepotkan Anda.

  1. Cari tempat duduk yang pas

Pada akhirnya, Anda siap menonton Tari Kecak Uluwatu Bali. Carilah posisi tempat duduk yang pas agar Anda juga bisa melihat matahari terbenam (sunset) dengan angle foto terbaik. Tentu saja Anda perlu memilih tempat duduk di tribun penonton, tapi tidak terlalu depan. Untuk bisa mendapatkan tempat duduk yang memanjakan Anda melihat sunset ini maka datanglah lebih awal, jangan datang di waktu yang mendesak alias mepet. Pertunjukan dimulai pukul 18.00 WITA, datanglah lebih awal agar Anda bisa memilih tempat duduk yang paling strategis untuk menikmati Tari Kecak sekaligus menikmati sunset.

  1. Hari berkunjung

Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah hari Anda berkunjung ke lokasi pertunjukan Tari Kecak Uluwatu. Memperhatikan hari berkunjung ini sangat penting agar Anda mendapatkan tempat duduk yang strategis atau setidaknya tidak terganggu lalu lalang pengunjung yang terlambat atau yang pulang lebih cepat. Jika Anda berkunjung di akhir pekan, para pengunjungnya akan sangat ramai. Anda bisa memilih hari lain, yaitu Senin atau Selasa, yang agak sepi pengunjung.

Kapasitas tempat duduk penonton sendratari Ramayana dan Tari Kecak di Pura Uluwatu hanya mencapai 1.000 orang. Jika ramai pengunjung, biasanya diberi tempat duduk tambahan dari bangku plastik, bahkan sampai duduk di panggung yang sama dengan para penari. Sementara itu, jumlah pengunjung di akhir pekan bisa mencapai 1.400 orang. Sangat ramai, dan Anda perlu mempertimbangkan hal ini, lalu dapat menentukan hari berkunjung Anda dengan tepat.

  1. Buang air kecil sebelum menikmati pertunjukan

Jangan abaikan hal kecil ini. Sebelum menikmati luar biasanya pertunjukan Tari Kecak, buanglah air kecil terlebih dahulu. Itu karena Tari Kecak ditampilkan lebih dari satu jam. Selain itu, bentuk panggung outdoor di kompleks Pura Uluwatu ini berada di dasar. Sementara itu, bangku penonton berbentuk tangga yang terus naik. Jika Anda ingin buang air kecil saat pertunjukan berlangsung, Anda bisa mengganggu penglihatan penonton lain bahkan membuyarkan konsentrasi para penari. Jadi, buanglah air kecil sebelum pertunjukan agar Anda bisa nyaman merasakan sensasi luar biasa Tari Kecak Uluwatu Bali.

  1. Cara beli tiketnya

Untuk lebih memudahkan Anda menikmati Tari Kecak ini, perhatikan juga cara beli tiketnya. Anda bisa memilih yang terbaik sesuai dengan situasi dan kondisi Anda. Beragam pilihan cara bisa Anda pilih. Anda bisa membeli tiket pertunjukannya melalui agen perjalanan, dapat juga membelinya di loket dan depan panggung sebelum pertunjukan dimulai. Anda juga bisa membelinya secara online di banyak biro tiket wisata. Pilihlah cara yang Anda suka untuk memperlancar Anda menikmati pertunjukan Tari Kecak.

  1. Cari penginapan atau hotel dekat lokasi pertunjukan

Baca Juga : “Home Page Resmi Tanjung Benoa Bali Watersport”>>>

Penginapan atau hotel dekat lokasi Tari Kecak Uluwatu juga bisa Anda pertimbangkan. Menginap di hotel dekat tempat pertunjukan akan memudahkan Anda menjangkau lokasinya, dengan cepat dan mudah. Energi Anda juga tidak terbuang terlalu banyak jika dibandingkan menginap di hotel yang jauh dari tempat pertunjukan. Anda bisa berselancar di internet untuk mencari nama-nama hotelnya dan carilah yang termurah, namun menawarkan fasilitas dan layanan hotel yang menarik. Sesuaikan juga pilihan hotel ini dengan jadwal kunjungan wisata Anda di tempat lain, karena Bali tidak hanya menyuguhkan Tari Kecak Uluwatu. Masih banyak pertunjukan seni menarik lainnya disajikan di pulau ini, termasuk indahnya alam Bali yang perlu Anda eksplorasi lebih jauh. Menikmati Tari Kecak Uluwatu Bali sambil menjelajahi banyak tempat wisata di daerah ini akan memanjakan Anda dalam berlibur dan mengisi hidup dengan lebih menyenangkan.***

No ratings yet.

Please dikasi Bintang