Pantai Tanjung Benoa dimanfaatkan keindahannya sebagai tempat objek wisata Bali yang selalu diminati kebanyakan wisatawan baik lokal maupun dari luar. Terlebih lagi, keramahan masyarakat di sekitarnya menjadi daya tarik yang begitu mengikat. Keadaan pantainya yang tenang sangat cocok untuk beragam jenis watersport Bali dan juga wahana Bali snorkeling.

Mayoritas orang sering menganggap antara snorkeling, scuba diving, serta seawalker itu sama. Padahal di antara ketiganya terdapat perbedaan mendasar yakni scuba diving merupakan kegiatan berenag di dasar laut. Seawalker sesuai dengan arti namanya yakni sea : laut, walk : berjalan sehingga diartikan kegiatan berjalan di dasar laut. Padahal sebenarnya, snorkeling hampir mirip dengan scuba diving, hanya saja dilakukan di permukaan air laut.

Snorkeling merupakan suatu aktivitas berenang dengan tubuh berada di dalam air bagian permukaan (dangkal). Nah, lokasinya ini berada di pantai Tanjung Benoa Bali. Istilah ini adalah berasal dari bahasa Inggris yang berarti kegiatan menyelam dangkal dengan menggunakan snorkel (sebuah tabung) berfungsi sebagai alat bantu bernafas di dalam air.

Dalam aktivitas penyelaman ini juga dilengkapi dengan berbagai macam alat seperti mask (masker selam), fin (kaki katak), serta wetsuit (baju selam) yang dikhususkan bilamana suhu perairan Tanjung Benoa Nusa Dua sedang rendah (dingin) dan sebagai pelindung badan dari goresan karang yang keras.

Aktivitas ini ditujukan untuk mengamati kehidupan bawah laut dengan waktu yang cukup lama. Namun, waktu yang Anda habiskan di pantai yang terletak di Pulau Dewata ini, pasti tidak akan sia-sia. Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan selain mendapatkan rasa kebahagiaan.

Aktivitas snorkeling di Tanjung Benoa water sports Bali akan menambah pengalaman Anda mengenai keindahan bawah air yang mengagumkan. Anda akan dijamin puas dengan pesona indah kelautan disana. Beragam ikan hias berwarna-warni, terumbu karang nan cantik, kerang, penyu, bintang laut, ubur-ubur, rumput laut serta udang laut siap memanjakan mata Anda.

Selain itu, aktivitas petualangan seru dan hebat di Tanjung Benoa Nusa Dua nantinya akan memberikan sebuah kesan yang tak mungkin mudah terlupakan dan selalu terkenang dengan indahnya dunia bawah laut yang bisa telah ditemui di dalamnya.

Asal Muasal Snorkeling

Aktivitas Bali snorkeling tidak terlepas dari sejarahnya yang terjadi beberapa waktu lampau. Adapun sejarah awal mula dari munculnya aktivitas ini juga perlu diketahui. Khususnya bagi Anda yang berminat untuk mencobanya.

  1. Aktivitas snorkeling telah ada sejak kurang lebih 5.000 tahun yang lalu dimana terdapat serangkaian bukti yang menunjukkannya berasal dari Crete melalui tulisan Aristoteles dengan judul “Part of Animals”.
  2. Tulisan Aristoteles tersebut lebih mengacu pada penyelam yang memfungsikan sebuah alat berbentuk seperti belalai gajah sebagai alat untuk pernafasan. Aktivitas yang dilakukan di permukaan atau bagian dangkal akan membutuhkan snorkel dan mask yang kedua alat tersebut saling terintegrasi.
  3. Kala itu, kegiatan ini lebih dilakukan di area sekitar karang, bangkai kapal juga pada beberapa benda laut yang lainnya dengan tujuan mengamati dan menikmati organisme-organisme perairan maupun formasi bebatuan karang.

Lihat Disini, ”Info Tarif  Watersport Tanjung Benoa Bali Terbaru Untuk Wisatawan Domestik” >>> 

Aktivitas Snorkeling di Bali Cocok untuk semua umur

Snorkeling di Tanjung Benoa sangat cocok dilakukan oleh semua usia baik untuk anak-anak, maupun orang tua. Selain menjadi wahana hiburan, fungsi lain dari aktivitas tersebut adalah sebagai sarana edukasi yang sangat tepat bagi setiap yang melakukannya, khususnya untuk anak-anak.

Aktivitas ini cocok untuk anak-anak karena tidak membahayakan, selain itu snorkeling di  Tanjung Benoa Nusa Dua dapat dilakukan karena prosedurnya yang cukup mudah. Nantinya Anda akan mengenakan berbagai perlengkapan yang fungsinya adalah membantu Anda untuk lebih lama menikmati keindahan bawah laut.

Adapun peralatan yang Anda butuhkan dalam aktivitas snorkeling di Tanjung Benoa Nusa Dua adalah sebagai berikut :

  1. Snorkel yang terdiri dari atas dua bagian yakni selang udara (terbuat dari plastik / karet keras) dan pelindung mulut (terbuat dari silikon sesuai dengan ukuran mulut).
  2. Masker selam dengan berbagai ukuran yang disediakan berbeda-beda tergantung siapa pemakainya (anak-anak, wanita dan sebagainya). Ukuran masker snorkeling lebih kecil dengan tujuan kantong udaranya juga sekecil mungkin ukurannya.
  3. Fin (kaki katak) yang biasa disebut sirip selam. Fungsi peralatan snorkeling berikut ini adalah untuk menambah daya dorong terhadap kaki penyelam (snorkeller) saat berenang.
  4. Baju selam (wet suit) yang difungsikan untuk menghindarkan para snorkeller dari kedinginan yang bisa saja terjadi, terlebih ketika suhu air sangat dingin. Hal yang lebih penting dari tujuan pemakaian baju selam adalah untuk melindungi badan dari goresan tajamnya terumbu karang serta sengatan dari ubur-ubur.
  5. Tank yang berupa tabung SCUBA yang membantu dalam proses pernafasan Anda.
  6. Weight belt, difungsikan sebagai pemberat di air.

Adapun untuk cara pemakaian dan fungsi dari masing-masing perlengkapan snorkeling di atas, secara rinci akan Anda dapatkan dari penjelasan seorang pemandu/instruktur selam. Tak perlu khawatir karena seluruh pemandu atau instruktur yang bertugas di Bali snorkeling tour di Tanjung Benoa Nusa Dua adalah mereka yang ramah, handal dan profesional.

Panduan Bersnorkeling di Tanjung Benoa Bali

Aktivitas snorkeling yang ada di Tanjung Benoa Nusa Dua difokuskan dengan tujuan pengamatan organisme bawah laut. Hal ini lebih disukai para pengunjung sebagai aktivitas mengisi waktu libur yang bisa menghilangkan penat seharian. Ya, ini merupakan alternative aktivitas lain selain bermain watersport Bali yang mengasyikkan.

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan bawah laut di Tanjung Benoa, tak perlu khawatir jika tidak bisa berenang. Tidak diwajibkan bagi setiap snorkeller menguasai keterampilan renang, baik yang tidak bisa renang, yang pandai pun semua bisa melakukan aktvitas berikut ini. Nantinya Anda akan dibantu dengan bantuan dari pemandu.

Nah, adapun tugas seorang pemandu yang perlu Anda ketahui adalah untuk menjaga keselamatan Anda. Caranya yakni dengan pemberian instruksi dan orientasi kepada para snorkeller terkait cara menggunakan perlengkapan, apa yang harus dicari, pengetahuan keselamatan dasar, apa yang harus diperhatikan dan petunjuk terkait konservasi yang ada di sana.

Tidak diperkenakan oleh pihak wisata Bali snorkeling bilamana Anda akan melakukannya sendirian, tanpa didampingi oleh pemandu yang telah berpengalaman. Jasa snorkeling tour di Bali menyediakan jasa tour yang lengkap dengan perlengkapan yang dibutuhkan selama aktivitas.

Tips Snorkeling di Bali untuk Pemula

Siapa saja yang menginginkan mencoba aktivitas ini tidak perlu khawatir dengan ketrampilan berenang yang dimilikinya. Walaupun tidak bisa renang sama sekali pun, Anda tetap diperbolehkan untuk tetap kontak dengan air. Terdapat beberapa tips khusus bagi pemula terlebih bagi yang tidak bisa renang.

Tips snorkeling untuk pemula yang harus Anda perhatikan antara lain :

  1. Sebelum pelaksanaan snorkeling
    Anda harus paham terkait perlengkapan yang diperlukan sebagaimana yang telah tertera di atas. Aktivitas Bali snorkeling di pantai Tanjung Benoa Nusa Dua harus diawali dengan pemasangan alat, meliputi penyesuaian masker, latihan bernafas dengan selang snorkel, cara mengayuh dan memastikan lokasinya.
  2. Ketika masuk ke dalam laut
    Kegiatan inti adalah ketika berada di dalam air. Usahakan tidak gugup, mengenakan pakaian selam yang cerah, awali dengan daerah yang paling dangkal kemudian, dan selanjutnya memulai snorkeling dengan mengikuti arus air agar tidak cepat merasakan kecapekan.
    Sangat penting untuk diingat yakni pengenalan diri terhadap hewan berbahaya serta kesadaran diri penuh agar tidak tertinggal rombongan ataupun terkena tabrakan perahu atau jetsky yang melintas, apalagi speed boat yang sangat cepat dalam melintas.
    Penanggulangan untuk mengembungnya masker adalah dengan mengusapnya dengan sabun cair, bila susah Anda harus memasukkan air ke dalamnya dan goyangkan lalu keluarkan. Sementara untuk kasusnya snorkel kemasukan air adalah dengan menhembuskan udara melalui mulut.

Tips di atas akan sangat membantu dan memberikan kemudahan bagi para snorkeller yang sama sekali belum bisa berenang ataupun kategori pemula.  Menjadi snorkeller harus memiliki tanggung jawab penuh, yakni konsisten menjaga organisme laut, termasuk karang yang sangat lama pertumbuhannya.

Perlihatkan Ke Saya, “Tarif  Wisata Kapal Selam Di Bali” >>>

Harga snorkeling di Tanjung Benoa Bali Murah

Menikmati perairan pantai Tanjung Benoa Nusa Dua dengan berbagai keindahan flora dan fauna di dalamnya, tidak akan bisa lepas dengan aktivitas yang selalu membuat ketagihan. Aktivitas yang mengasyikkan ini bisa dengan mudah Anda lakukan dengan membayar harga snorkeling di Bali yang sesuai dengan kantong Anda.

Adapun harga snorkeling di Tanjung Benoa Kami tawarkan sangat murah khusus untuk pemesanan via website ini. Harga yang Kami bandrol kisaran 110.000,-. Harga tersebut lengkap dengan berbagai layanan mulai dari lama durasi selama 1 jam di permukaan air, serta fasilitas-fasilitas lain yang meliputi :

  1. Pelayanan
  2. Pajak
  3. Seluruh perlengkapan yang dibutuhkan
  4. Sewa handuk, kamar ganti dan lengkap locker
  5. Instrukstur yang berpengalaman di bidangnya
  6. Tansfer boat untuk menuju spot (untuk pulang dan pergi)

Di samping harga  yang ditawarkan untuk Anda sangat terjangkau, masih ada pula promo yang bisa Anda dapatkan hingga Maret 2020 mendatang. Promo tak kalah seru dengan jet ski Tanjung Benoa dan berlaku untuk semua wisatawan baik domestik maupun asing. Sementara untuk rental kamera guna dokumentasi belum termasuk lengkap dalam promo tersebut. Apabila berminat memesan paket watersport Tanjung Benoa atau tiket Bali snorkeling di Pantai Tanjung Benoa, silakan KLIK DISINI

No ratings yet.

Please dikasi Bintang